aksi damai1

Pada Hari Film Nasional 30 Maret 2007 MFI ingin mengingatkan kembali masyarakat umum bahwa tuntutan-tuntutannya yang sudah disepakati tetap diperjuangkan. Pilihan jatuh pada aksi damai di Bundaran HI untuk membagikan buku kecil tentang permasalahan film Indonesia dan membagikan pin untuk menunjukkan kepedulian terhadap situasi dunia film.

aksi damai2

Semula, aksi ini rencananya dilakukan di Mahkamah Konstitusi (MK) karena setelah membahas panjang lebar UU Perfilman No. 8 Tahun 1992 pada awal Maret lalu, tekad untuk mengajukan tuntutan ke MK semakin kuat. Penjajakan ke MK mulai dirintis. Tapi pada akhir Maret kita menerima berita bahwa agenda acara MK pada Jumat, 30 Maret 2007 sudah padat dan tidak bisa menerima audiensi MFI.

Para penerima buku dapat dengan tenang membaca buku yang dibagikan dan mudah-mudahan mereka menularkan pengetahuan mereka itu kepada kenalan mereka. Untuk mereka lah, para penonton, sebuah film diproduksi!

aksi damai3

Buku yang berjudul “saya peduli FILM INDONESIA” tersebut berisikan sejarah singkat lahirnya perfilman di Indonesia, ucapan terima kasih kepada publik Indonesia, Film Indonesia Setelah Reformasi, Pemerintah & Film Indonesia, Pendidikan Film, Undang-Undang No. 8 Tahun 1992, Lembaga Sensor Film, Memelihara Film, Memelihara Sejarah, Bagaimana Produser di Indonesia Mencari Dana, Penghasilan Sebuah film Made In Indonesia, Pajak atas Film, dan himbauan mendukung film Indonesia.

Selain itu para relawan aksi damai MFI membagikan buku dan membentangkan poster di lingkungan Bundaran HI. Rombongan juga menyeberang ke bundaran berair, bergerak ke arah utara dan akhirnya menyusun barisan mengitari bundaran dengan poster.

Selama kegiatan berlangsung, para wartawan terus bergerak mengikuti pergerakan rombongan. Aksi ditutup dengan berkumpul di “panggung” bundaran HI, orasi,, bernyanyi dan meneriakkan yel-yel bersama, serta memberi kesempatan bagi para wartawan untuk mengabadikan rombongan MFI ini. Jumlah yang hadir sampai akhir acara berkisar 50 orang, atau seperenam dari keseluruhan penandatangan Kesepakatan MFI.

aksi damai4

Download laporan lengkap aksi damai yang ditulis Tino Saroengallo