Setelah beberapa saat berjalan sebagai forum komunikasi, akhirnya Jaringan Kerja Film Banyumas (JKFB) menjadi sebuah lembaga asosiasi komunitas film di Banyumas, Jawa Tengah. Proses pembentukannya sendiri telah melalui forum-forum diskusi yang melibatkan komunitas film di Banyumas.

“Selama ini kami telah bekerja bersama dan berjaringan. Kini saatnya kami melangkah lebih maju untuk memajukan kegiatan perfilman di Banyumas”, ujar Andreas, direktur JKFB periode 2007 – 2009. Selama ini komunitas film di Banyumas telah banyak melakukan kerja bersama baik dalam program pemutaran film, diskusi, maupun workshop film.

Kegiatan komunitas film selama ini kurang mendapat sokongan. Masing-masing mencoba untuk melakukan kegiatan dengan dana mandiri. Dengan segala kekurangan yang ada, tiap komunitas mencoba untuk saling membantu dalam kegiatannya. Dengan didirikannya asosiasi ini, kami berharap kedepannya kegiatan komunitas film dan perfilman di Banyumas akan semakin terfasilitasi. Asosiasi ini akan menjadi fasilitator serta mediator bagi komunitas film agar mampu melakukan kegiatannya secara mandiri dan semakin berkembang, tambah Andreas.

Anggota JKFB saat ini berasal dari dua kabupaten; Komunitas sangkanparan Cilacap serta CLC Purbalingga. Kedepannya kami membuka ruang bagi semua komunitas yang bergerak dibidang film di Banyumas untuk bergabung dengan kami untuk melakukan kerja bersama. Perjalanan masih panjang dan tentu saja tidak mudah, tapi kami yakin dapat menjalani ini, tutup Andreas. (h2o – FA07)

JKFB
Oemah Seni Pereng
Jl. Pereng 78 Purwokerto, Banyumas, Jawa Tengah
Telepon +61 8522704 2215
Email: kepadajkfb@gmail.com
http://jkfb.wordpress.com